Ketika Kisah Pewayangan Perang Baratayudha Menjadi Game

Posted on Jun 26 2013 - 11:08pm by cakdie
Ketika Kisah Pewayangan Perang Baratayudha Menjadi Game
Ketika Kisah Pewayangan Perang Baratayudha Menjadi Game
Advertisement

iBerita.com – Kisah pewayangan perang Baratayudha menjadi inspirasi banyak tokoh untuk dikaji, khususnya dalam masalah kepemimpinan. Seperti kisah dalam novel Perang yang ditulis oleh Putu Wijaya sebagai refleksi perang Baratayudha dalam konteks pemerintahan di era sekarang.

Namun bagaimana jika kisah perang yang penuh dengan filosofi itu menjadi sebuah game? Salah satu studio pembuatan game online Tanoshii Creative buatan anak bangsa yang bermarkas di kota Depok, Jawa Barat telah memulai proyeknya dengan membuat game perang Baratayudha.

Game online yang diberi nama Garata: The Battle of Baratayudha ini kini telah dirilis dan tersedia secara gratis untuk dimainkan para pengguna melalui ponsel mereka dengan browser WAP dari platform KotaGames. Tampilannya bukan berarti wayang-wayang dalam tiga dimensi, tapi para tokohnya berbentuk robot gundam yang memiliki ciri-ciri khusus agar mudah dikenal bahwa dirinya adalah salah satu tokoh pewayangan dalam kisah perang Baratayudha.

Dalam rilisnya, game ini memang akan mengangkat budaya pewayangan yang tokoh-tokohnya telah akrab di telingan masyarakat Indonesia yang gemar kisah pewayangan. Tokoh yang jelas dikenal adalah kelima putra Pandawa, Gatot Kaca, burung Garuda, Punakawan, bahkan ada pula Hanoman. Meskipun wujud mereka seperti robot-robot Gundam, namun mereka tetap dicirikan dengan karakter tertentu berdasarkan bentuk wayang aslinya.

Direktur Eksekutif Tanoshii Creative, Oscar Kurniawan yang juga sebagai Produser Garata menjelaskan bahwa game yang dirilis oleh studio tersebut telah melalui serangkaian uji coba melalui beberapa gamer Indonesia.

Untuk saat ini, game ini hanya bisa dinikmati lewat ponsel dengan situs akses http://m.kotagames.com. Untuk selanjutnya, Oscar telah merencanakan agar game tersebut dapat hadir di semua platform. Sehingga harapannya game yang mengangkat nuansa kearifan lokal ini dapat dinikmati banyak pengguna smartphone dan para onliner.

Share
Advertisement