Pesona Masjid Agung Jawa Tengah di Kota Semarang

Posted on Jun 20 2013 - 12:09am by cakdie
Pesona Masjid Agung Jawa Tengah di Kota Semarang
Pesona Masjid Agung Jawa Tengah di Kota Semarang
Advertisement

iBerita.com – Pernahkan Anda ke kota Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah? Kota yang pernah menjadi tempat berlabuh Panglima Laut China, Laksamana Cheng Ho itu ternyata adalah kota yang menyimpan banyak tempat-tempat wisata menarik, seperti Kota Lama, Lawang Sewu atau pantai Marina.

Namun ada satu tempat wisata yang tak kalah menarik. Tempat itu belum lama selesai dibangun sebagai sarana peribadatan umat Islam sekaligus simbol masjid persatuan di provinsi Jawa Tengah. Tempat itu adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Tempat ini dapat menjadi wisata rohani bagi yang ingin mencari ketenangan batin sekaligus menikmati indahnya pemandangan kota Semarang. Mengapa? Karena masjid ini memiliki menara yang sangat tinggi, sehingga para pengunjung dapat melihat Kota Semarang ini dari ketinggian 99 meter.

Masjid Agung Jawa Tengah ini memiliki desain yang unik dengan 6 payung raksasa yang dikibarkan ketika pelaksaan shalat Ied atau event akbar ketika jamaah membludak hingga di kawasan halaman masjid Agung. Selain itu, masjid ini memiliki pilar-pilar bangunan yang tinggi dan dapat menjadi tempat yang indah untuk berfoto dan mengabadikan kenangan.

Suasana malam

Menurut sumber resmi di website Masjid Raya Jawa Tengah www.majt.org masjid tersebut dibangun sejak tanggal 6 September 2002 dan diresmikan pada tanggal 14 November 2006. Sebagai masjid terbesar se-Jawa Tengah, masjid ini menjadi pusat pelayanan ibadah dan kemasyarakatan sekaligus pusat komunikasi umat Islam.

Hal yang paling menarik dari masjid ini adalah Menara Asmaul Husna atau Al-Husana Tower yang memiliki ketinggian 99 meter. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan kota Semarang dari ketinggian tersebut. Karena begitu tingginya, menara masjid ini akan tampak sampai radius 5 km. Menara ini terdiri dari 19 lantai dengan beberapa lantai yang difungsikan untuk beberapa hal.

Lantai dasarnya menjadi Studio Radion DAIS MAJT, lantai atasnya menjadi Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah, pada lantai 18 dipakai sebagai rumah makan berputar dan pada lantai paling atas menjadi gardung pandang kota Semarang. Untuk dapat menaiki menara ini, pengunjung hanya dikenai biaya Rp 3.000. Setiap rombongan akan dijaga seorang pemandu saat menaiki lift dan disediakan pula teropong jika ingin melihat pemandangan lebih dekat.

Apakah Anda tertarik? Silahkan berkunjung.

 


Advertisement
Share

Gambar untuk "Pesona Masjid Agung Jawa Tengah di Kota Semarang"

Komentar