Berbagai Goa Wisata Di Indonesia

Posted on Jun 3 2013 - 9:44am by SigitHr
Berbagai Goa Wisata Di Indonesia
Berbagai Goa Wisata Di Indonesia
Advertisement

iBerita.com - Indonesia terkenal dengan kenampakan alam yang indah. Tidak hanya berupa lautan dengan hiasan ombaknya. Tetapi juga berupa lubang di bumi yang menyajikan pemandangan yang luar biasa. Lubang yang lebih dikenal dengan Goa itu menjadi salah satu tempat wisata yang cukup digemari. Tak jarang tempat wisata goa selalu padat pengunjung kala liburan tiba. Adapun goa yang selalu menjadi pilihan untuk berwisata di Indonesia antara lain:

1. Goa Maharani

Goa yang terletak di lamongan ini menjadi goa paling dikunjungi wisatawan. Keindahannya yang menawan dapat disejajarkan dengan goa terkenal di dunia. Dengan memiliki kedalaman 25 meter, goa Maharani menampilkan penampakan alam yang berupa batu kapur dengan wujud yang mencengangkan. Stalaktit dan stalagnit berbentuk aneka rupa. Mulai dari alat vital, binatang, hingga tumbuhan.

Ditambah lagi tatanan lampu didalamnya memberikan kepuasan tersendiri bagi para wisatawan. Tidak hanya itu, lantunan music yang disediakan di dalam gua juga menambah kenikmatan berwisata di goa yang baru diresmikan pada tahun 1994 ini.

2. Goa Gong

Hampir sama dengan goa Maharani, goa gong memiliki keindahan dari bentuk stalakmit dan stalaktit. Beberapa bentuk stalaktit dan stalakmit membuat pengunjung terperangah penuh kekaguman. Salah satu bentuknya adalah menyerupai rambut, otak, serta beberapa bentuk lain.

Beberapa orang menyebutkan bahwa goa gong merupakan ‘Gong”nya goa di seluruh tanah air. Sehingga bisa dibayangkan bagaimana wujud keunikan dari goa yang terletak di daerah Pacitan ini.

3.Goa Lawa

Berdasarkan namanya sudah bisa mengira bahwa goa ini penuh dengan kelelawar. Goa ini merupakan goa Kars karena berasal dari aliran lava yang membeku. Selain itu, goa ini banyak terdapat anak goa dengan bentuk yang mengagumkan. Akan tetapi, tidak semua anak goa boleh dimasuki, tentunya pihak keamanan lebih tahu alas an kebijakan tersebut.

Tidak hanya menampilkan bentuk bagian dalamnya saja, untuk kawasan luar goa ini juga menyajikan suasana pedalaman lereng gunung yang menarik. Sehingga para wisatawan tidak hanya disuguhi kenampakan goa saja, melainkan suasana pegunungan dengan segala kesejukan dan keasliannya.

4. Goa Baramban

Bicara mengenai keunikan dan keindahan goa, goa Paramban juga menjadi goa wisata terbaik yang ada di Indonesia. Goa ini meruupakan goa terbesar serta terpanjang di Kalimantan Selatan. Menjadi pusat dari tiga goa wisata lainnya membuktikan betapa panjang dan lebarnya goa ini. Sekedar informasi, bahwa goa ini menjadi pusat dari tiga goa yaitu goa kelelawar, goa air dan goa atas.

Keunikan dari goa ini adalah bagian dalamnya terdapat batuan kapur serta batu gamping yang memutih. Selain itu, aliran air di dalamnya memberikan nilai tambah tersendiri bagi para wisatawan yang hadir. Tentunya kesejukan serta suara riuhnya gemerincing air juga menjadi cirri khas goa yang terletak di desa Miawa kecamatan Piani ina.


Advertisement
Share

Gambar untuk "Berbagai Goa Wisata Di Indonesia"

Komentar