Mengagumi keindahan alam Gunung Rinjani Lombok

Posted on May 24 2013 - 2:17pm by SigitHr
Mengagumi keindahan alam Gunung Rinjani Lombok
Mengagumi keindahan alam Gunung Rinjani Lombok
Advertisement

iBerita.com - Gunung Rinjani merupakan  gunung yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani, Lombok  merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang berada di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 m dpl. Gunung ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten yaitu  Lombok Tengah, Lombok Timur danLombok Barat. Gunung Rinjani di sekelilingi oleh Hampir lebih dari 20 desa, dan tentunya memiliki bayak sekali rute menuju gunung tersebut. Namun, pintu masuk utamanya adalah melalui sembalun lawang dibagian timur dan senaru di bagian utara.

Gunung yang meiliki Suhu udara rata-rata sekitar 20°C; terendah 12°C  adalah gunung yang banyak dikunjungi dan didaki oleh para pencinta alam,  Penduduk lokal, serta mahasiswa. Umumnya para pendaki ini ramai mengunjungi gunung Rinjadi pada bulan juni sampai dengan agustus. Orang-orang Lombok percaya jika dipuncakn gunung ini ada tempat bersemayam Dewi Anjani Ratu Jin dan penguasa rinjani. Di sebelah selatan timur puncak gunung ini terdapat hamparan debu yang dinamakan segara muncar yang katanya adalah istana gaib Ratu Dewi Anjani dan para pengikutnya, akan tetapi mereka adalah para jin yang baik.

Selain mendaki sampai puncak, tempat yang banyak di kunjungi yaitu Segara Anakan, sebuah danau kawah yang ada di ketinggian 2.000 mdpl. Jika ingin  mencapai lokasi ini anda dapat mendaki dari desa Sembalun Lawang atau desa Senaru. Danau segara anakkan adalah danau yang sangat luas terlihat seperti laut biru. Nama segara anak sendiri memiliki arti anak laut. Danau ini  di percaya banyak menyimpan berbagai misteri dan kekuatan gaib. karena banyaknya arwah-arwah yang misterius yang mendiami tempat di sekitar danau ini umunya orang-orang akan merasa senang jika tinggal berlama-lama di tempat ini. Penduduk setempat percaya jika danau terlihat luas dari kejauhan itu tandanya mereka hidup lebih lama tetapi jika danau terlihat sempit dari kejauhan itu tandanya mereka berumur pendek. Di area danau ini sangat dilarang untuk melakukan hubungan seksual, berkata kotor atau marah.

Di gunung Rinjani ini terdapat berbagai tumbuhan diantaranya yaitu local strawberry dan edelweis atau bunga ke abadian. local Strawberry merupakan Jenis tanaman yang tumbuh disepanjang jalan menuju rinjani, tanaman ini memiliki buah berwarna merah dan berduri seperti mawar. Buah ini seperti strawberry rasanya manis dan sedikit asam . buah ini  baik untuk di konsumsi untuk para pendaki yang kehausan atau kelaparan. Sedangkan tumbuhan Edelweis atau Bunga Keabadian adalah Tanaman dan bunga yang tidak boleh untuk di petik atau di bawa pulang, karena tumbuhan ini hanya tumbuh di sekitar taman dan di alam kerajaan roh gaib. Bunga tidak akan pernah layu dan tua karena terisi oleh arwah misterius maka dari itu di namakan bunga ke abadian.

Share
Advertisement


Gambar untuk "Mengagumi keindahan alam Gunung Rinjani Lombok"

Komentar