Tangkuban Perahu, wisata gunung tertinggi di Jawa Barat

Posted on May 18 2013 - 8:47pm by SigitHr
Tangkuban Perahu, wisata gunung tertinggi di Jawa Barat
Tangkuban Perahu, wisata gunung tertinggi di Jawa Barat
Advertisement

iBerita.com - Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di pulau Jawa  tepatnya sekitar 20 kilometer ke arah utara Kota Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian sekitar 2.084 meter dengan suhu pada siang hari  yang mencapai 17 oC dan 2 oC pada malam hari. gunung tangkuban perahu ini sangat rimbun dengan pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya.

Asal-usul dari Gunung Tangkuban Parahu tersebut dikaitkan dengan legenda yang ada di Indonesia yaitu Sangkuriang. Di kisahkan seorang pemuda bernama Sangkuriang yang jatuh cinta kepada ibunya yaitu Dayang Sumbi. Untuk mencegah niat anaknya Sangkuriang yang ingin menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat kepada Sangkuriang untuk membuat perahu hanya dalam waktu semalaman. Namun, ketika usahanya tersebut gagal, Sangkuriang murka dan menendang perahu itu sehingga terpental dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang sekarang membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Tangkuban perahu merupakan objek wisata yang tepatnya berada di Jl. Raya Tangkuban Parahu No. 147 Lembang Bandung, sudah cukup terkenal oleh para wisatawan mulai dari wisatawan domestik mapun wisatawan mancanegara. Para wisatawan yang datang ke Tangkuban Perahu ini dapat melihat kawah dan pemandangan yang indah dari atas tebing.

Tangkuban Perahu merupakan Gunung berapi yang masih aktif statusnya selalu di awasi oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Adapun tanda-tanda aktivitas gunung berapi ini diantaranya adalah  sumber-sumber air panas di kaki gunung tersebut, seperti yang berada di kawasan Ciater, Subang atau munculnya gas-gas belerang.

Di gunung ini dekat sekali dengan pemandian air panas Ciater, seperti yang tadi kita tau sumber air panas Tangkuban perahu mengalir ke kawsan Ciater dan terdapat 13 buah kawah, kawah utama dari kawasan ini adalah Kawah Ratu. Serta disini terdapat juga stasiun geologi yang bisa Anda kunjungi untuk menambah wawasan anda tentang geologi. Selain itu, di sekitar kawah gunung ini tersedia penyewaan kuda yang dapat di tungangi untuk berjalan-jalan menikmati keindahan alam gunung Tangkuban perahu ini.

Ada pun rute peejalanan menuju objek wisata Tangkuban perahu adalah setelah melewati pintu tol Pasteur, kemuadian  Jl. Dr. Djunjunan  setelah itu ke Pasirkaliki, melewati Setiabudi, Sukajadi dan Lembang maka sampailah anda ke tempat objek wisata ini. Tempat wisata Tangkuban Perahu ini di  buka mulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 18.00 WIB.

Harga tiket masuk masuk per-orang dikenakan biaya sekitar 13.000 rupiah untuk orang dewasa dan untuk anak-anak biasanya tidak di kenakan biaya sedangkan khusus untuk turis asing  akan di mintai biaya sekitar 35.000 rupiah. Jika anda membawa kendaraan motor beroda dua di kenakan biaya sebesar  4.000 rupiah sedangkang  kendaraan roda empat sebesar 9.000 rupiah. Dan  untuk bus atau truk dikenakan biaya 17.500 rupiah.


Advertisement
Share

Gambar untuk "Tangkuban Perahu, wisata gunung tertinggi di Jawa Barat"

Komentar