Ancaman Pidana Bagi Wanita-Wanita Cantik Penerima Hadiah dari Fathanah

Posted on May 12 2013 - 5:27pm by cakdie
Ancaman Pidana Bagi Wanita-Wanita Cantik Penerima Hadiah dari Fathanah
Ancaman Pidana Bagi Wanita-Wanita Cantik Penerima Hadiah dari Fathanah
Advertisement

iBerita.com – Buntut panjang kasus yang menjerat Ahmad Fathanah yang melibatkan wanita-wanita cantik ternyata bermuara pada tindak pindana pencucian uang (TPPU). Seorang pakar tindak pidana pencucian uang, Yenti Garnasih mengatakan bahwa pihak-pihak yang terlibat dalam menerima uang yang tidak diketahui dengan jelas asalnya dan berkaitan dengan sebuah tindak pidana dapat dikenai pasal yang termaktub di Undang-undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), atau Undang-undang No 8/2010.

Dalam hal ini dia mengatakan bahwa para wanita cantik seperti Maharani, Ayu Azhari, Vitalia Shesya, Tri Indah Puspita adalah bagian dari pihak-pihak yang ikut menikmati uang yang berkaitan dengan tindak pidana yang menjerat Ahmad Fathanah sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU) bersama Luthfi Hasan Ishaq (LHI), mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera.

Yenti memberi contoh bagaimana tersangka Kalapas Narkotika Nusakambangan akhirnya juga terseret TPPU setelah memanfaatkan nama dua anak dan seorang cucunya untuk membuka rekening untuk menampung uang transaksi hasil narkotika. Meskipun mereka tidak mengetahui bahwa anak dan cucunya tidak ikut menikmati uang tersebut, mereka menjadi terlibat dalam kasus tersebut lantaran nama mereka ikut tersangkut sebagai pemilik rekening di bank tempat aliran dana itu.

Dalam kasus Fathanah ini, KPK pun dapat menjalankan pola demikian. Para aktor pencucian uang pasif dapat dijerat dengan tindak pidana pencucian uang sebagaimana para pelaku aktifnya. Hal ini harus segera dilakukan karena kalau tidak para pelaku pasif ini akan menghilangkan jejak hasil pencucian uang yang dilakukan lewat mereka.

Para wanita-wanita cantik yang ada di lingkaran Ahmad Fathanah sebagian sudah mengembalikan apa yang ia terima dari Fathanah, sebagian lagi disita, dan ada yang belum banyak terungkap. Maka ini menjadi tugas penyidik KPK untuk segera menuntaskan seluruh rangkaian kasus yang panjang dan kompleks ini agar publik segera mengetahui hasilnya.

Share
Advertisement


Gambar untuk "Ancaman Pidana Bagi Wanita-Wanita Cantik Penerima Hadiah dari Fathanah"

Komentar