Menemukan Surga Bawah Laut di Raja Ampat

Posted on Apr 30 2013 - 11:30pm by SigitHr
Menemukan Surga Bawah Laut di Raja Ampat
Menemukan Surga Bawah Laut di Raja Ampat
Advertisement

iBerita.com – Raja ampat adalah salah satu destinasi wisata andalan di negara Indonesia, objek wisata ini berupa gugusan kepualauan yang indah dengan berbagai keindahan serta keelokan alam didalamnya. Raja Ampat terletak di bagian kepala burung pulau Papua yang besar dan indah, di dalam kawasan Raja Ampat ini kita akan menemukan berbagai kekayaan alam baik flora dan fauna yang indah dan langka. Diantara sekian banyak kekayaan alam yang menjadi andalan Raja Ampat adalah kekayaan bawah lautnya, kelengkapan flora dan fauna bawah laut kawasan ini merupakan yang terbaik di dunia serta merupakan salah satu area untuk diving terbaik yang ada di dunia.

Beberapa terumbu karang, ikan dan kekayaan bawah laut di Raja Ampat masih terjaga dengan baik. Di kawasan ini kita dapat menemukan  540 jenis karang keras (jumla ini merupakan 75% dari total karang keras di dunia), 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, serta 75% spesies karang dunia. Dengan catatan seperti itu maka kita dapat paham betapa besar dan beragamnya koleksi kawasan objek wisata bawah laut yang dimiiki, hal ini membuat Raja Ampat menjadi kawasan dengan populasi kekayaan laut yang besar namun dengan wilayah yang terbatas.

Di bagian wilayah dunia manapun belum ditemukan kekayaan alam bawah laut yang sebegitu besar namun dengan tempat kawasan yang kecil, seperthi halnya Raja Ampat. Melihat potensi yang begitu besar maka pemerintah dan pihak terkait mulai memikirkan dan melakukan berbagai pencegahan demi kelestarian berbagai flora dan fauna yang hidup di Raja Ampat, salah satu bentuk perlindungan tersebut adalah dengan membatasi jumlah penyelam yang menyelam di Raja Ampat. Hawa panas yang ditimbulkan dari tubuh manusia yang menyelam jika memiliki intensitas yang tinggi akan membuat rusak karang.

Selain itu jumlah resort yang didirikan di Raja Ampat juga diawasi ketat dan tidak sembarangan memberikan izin, ada jarak tertentu sebelum izin baru pendirian resort di setujui. Pembatasan pendirian resort diharapkan bisa lebih menjaga Raja Ampat agar tetap lestari dan membatasi interaksi teralu banyak dengan manusia.

Untuk menuju objek wisata Raja Ampat tidaklah terlalu sulit namun membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Raja Ampat merupakan objek wisata yang eklusif dengan tidak sembarang orang bisa menikmatinya. Untuk menuju Raja Ampat kita bisa menggunakan penerbangan dari Jakarta menuju Sorong, dari Sorong kia bisa menuju Raja Ampat dengan menggunakan kendaraan laut. Untuk menuju Raja Ampat setidaknya dibutuhkan 400 liter bahan bakar, harga semakin berlipat karena harga bahan bakar di daerah ini rata-rata lebih tinggi dari daerah lainya. Untuk masuk kedalam kawasan Raja Ampat dikenakan biaya Rp. 250.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp. 500.000,00 untuk wisatawan Mancanegara.

Share
Advertisement


Gambar untuk "Menemukan Surga Bawah Laut di Raja Ampat"

Komentar