Gempa Bumi Melanda Dieng, Sekitar Seribu Orang Mengungsi

Posted on Apr 20 2013 - 6:35am by Deta
Gempa Bumi Melanda Dieng, Sekitar Seribu Orang Mengungsi
Gempa Bumi Melanda Dieng, Sekitar Seribu Orang Mengungsi
Advertisement

iBerita.com – Gempa Bumi Tektonik melanda kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah pada Jum’at (19/4) malam. Dari data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) disebutkan gempa yang melanda kawasan Dieng dimulai sekitar pukul19.00-19.25 WIB dan telah terjadi 86 kali gempa dengan maksimum 10-100 mm dengan lama gempa 10–70 detik.

Kemudian pada rentang waktu 19.27-20.03 terekam sebanyak 74 kali gempa dengan amplitudo maksimum 10-100 mm dan lama gempa 5-30 detik. Gempa dengan skala MMI III-V itu dirasakan merata diseluruh kawasan Pegunungan Dieng.

Masyarakat Mulai Diungsikan

Warga disekitar kawah Timbang yang merupakan pusat aktifitas Gunung Dieng (2.565 mdpl) dilaporkan mulai diungsikan. Warga mulai panik setelah Gempa Darat Tektonik yang melanda kawasan Dieng telah diikuti oleh suara dentuman dari kawah Timbang dan Sileri.

“Berdasarkan koordinasi dengan BPBD Jawa Tengah dan BPBD Banjarnegera dilaporkan bahwa mulai ada pergerakan evakuasi warga Desa Sumber Rejo karena Kawah Timbang mengeluarkan dentuman. Jumlahnya sebanyak sekitar 1.000 warga,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB  Jumat (19/4) malam.

“Masyarakat diiimbau tetap tenang namun tetap waspada,” imbuhnya.

Pasokan logistik dan peralatan pendukung dipastikan sudah siap, termasuk  dari bantuan dana siap pakai BNPB Jawa Tengah senilai Rp 2,5 miliar yang diserahkan langsung oleh Kepala BPBD Jateng untuk penanganan daurat.

“BPBD Magelang sudah diminta merapat ke lokasi untuk memberikan bantuan. Sementara Tim Reaksi Cepat BNPB masih berada di lokasi untuk memberikan pendampingan kepada BPBD setempat,” katanya.

HUjan deras turut mewarnai kondisi setelah gempa. BNPB menambahkan gempa yang berkekuatan 4,8 itu dirasakan di antaranya di Batur dan Karang Kobar, Banjarnegara, Wonosobo, hingga Batang. Kerusakan dilaporkan terjadi di rumah-rumah di Desa Pekasiran, Dieng Wetan.

Share
Advertisement


Komentar