Pengujian Blackberry Q10, Ini Spesifikasi dan Harganya

Posted on Mar 29 2013 - 11:01pm by Ary
Pengujian Blackberry Q10, Ini Spesifikasi dan Harganya
Pengujian Blackberry Q10, Ini Spesifikasi dan Harganya
Advertisement

iBerita.com - Blackberry Q10 merupakan produk teranyar yang sudah sejak beberapa bulan lalu dirumorkan bakal segeal meluncur ke pasar. Perusahaan asal kanada yang bertransformasi dari RIM menjadi Blackberry memang sedang berusaha meyakinkan pasar dengan menghadirkan produk unggulan. Sebut saja peluncuran Blackberry Z10 yang juga kembali mendapat respon menarik dari pengguna gadget. Rumor terbaru mengatakan bahwa Blackberry Q10 ini sedang dalam masa pengujian di Indonesia, disinyalir sebuah kode : Q10-SQN100-3 merupakan kode dari Blackberry Q10 yang sudah santer dibicarakan pengguna internet.

Spesifikasi Blackberry Q10

Spesifikasi Blackberry Q10 disebut-sebut setara dengan Blackberry Z10 yang sudah dipasarkan di Indonesia dengan harga sekitar 6,5 juta rupiah. Dari segi desain, perbedaan mencolok diperlihatkan Blackberry Z10 dan Q10. Jika Z10 mengusung full toucscreen, Blackberry Q10 akan kembali pada ciri khas yang dimiliki Blackberry seperti handset-handset sebelumnya yaitu memiliki tombol fisik QWERTY.

Layarnya akan mengusung model Super AMOLED Capacitive Touchscreen dengan 16 juta warna ditampilkan dalam resolusi 720 x 720 pixels. Lebar layarnya diperkirakan sekitar 3.1 Inchi, sedangkan tingkat kepadatan gambarnya berkisar 328 ppi (pixels per inchi). Dimensi yang dimiliki Blackberry Q10 adalah 119.6 x 66.8 x 10.4 mm dan memiliki bobot 139 gram.

Untuk menyasar segmen premium, Blackberry Q10 dibekali dengan Prosesor 1.5 GHz Dual Core Cortex-A9 untuk mempercepat kinerja Balckberry terbaru ini. Sebuah RAM dengan kapasitas 2GB juga disematkan pada Q10 untuk membantu lancarnya kinerja serta proses multitasking keseharian. Blackberry juga mempercayakan kebutuhan chipset kepada Ti OMAP 4470, serta GPU PowerVR SGX544.

Media penyimpanan yang disiapkan Blackberry untuk handset ini adalah 16Gb. Namun jika pengguna masih merasa kurang dengan besarnya memori yang tersedia, kabarnya tersedia juga slot microSD yang mampu mengakomodasi kepentingan penyimpanan yang mencapai 64GB. Sepertinya, Blackberry juga sudah memperhatikan kebutuhan pengguna akan penyimpanan yang lega. Apalagi sekarang ini, Blackberry App World sudah menampung lebih dari 100.000 aplikasi, meskipun menurut kabar yang beredar, sekitar 20 % dari total aplikasi yang ada adalah sumbangan dari Android.

Demi memperbaiki sektor hiburan yang selama bisa dibilang memprihatinkan, Blackberry Q10 menampilkan sebuah kamera resolusi 2MP pada bodi bagian depan. Sedangkan untuk kamera utama di sisi belakang, Smartphone ini sudah memiliki bekal kamera 8 Megapixel dengan fitur autofocus serta LED flash. Selain itu juga mendukung Geo Tagging, Face Detection, serta Stabiliasasi Gambar. Resolusi video yang dihasilkan sudah mempunyai kualitas 1080p, sedangkan dari kamera sekunder nya bakal menghasilkan resolusi 720p.

OS yang digunakan untuk spesifikasi Blackberry Q10, tentu saja akan mengusung Blackberry OS 10 yang juga digunakan pada Blackberry Z10. Untuk menjalankan BB Q10, sebuah baterai berkapasitas 2100 turut dibenamkan pada ponsel Blackberry terbaru ini.

Harga dan Rilis Blackberry Q10

Menurut Info yang beredar, Harga Blackerry Q10 akan berada pada range harga 7,5 jutaan berdasarkan sebuah pantauan penjualan sebuah ritel online yang dibanderol 529 Poundsterling. Sedangkan Rilis Blackberry Q10 diperkirakan pada bulan April 2013 untuk pasar Global. Jika di Indonesia sudah dilakukan pengujian, maka kemungkinan juga tak akan lama lagi Blackberry Q10 bisa resmi dirilis di Indonesia.

Share
Advertisement


Komentar