Blood Moon, Bulan Akan Berwarna Merah Darah Pada Tanggal 14-15 April

Posted on Apr 10 2014 - 4:22pm by Novita
Blood Moon, Bulan Akan Berwarna Merah Darah Pada Tanggal 14-15 April
Blood Moon, Bulan Akan Berwarna Merah Darah Pada Tanggal 14-15 April
Advertisement

Blood moon atau fenomena bulan berwarna merah darah diperkirakan akan terjadi pada tanggal 14-15 April 2014 nanti. Disaat tersebut gerhana bulan diperkirakan sedang berlangsung, dan uniknya, akan berwarna merah.

Tahun 2014 ini sangat menarik sebab gerhana bulan sebanyak 4 kali secara berurutan akan berlangsung atau disebut tetrad series of eclipses. Ini juga sebuah peristiwa alam yang langka, ditambah lagi salah satu dari gerhana bulan itu adalah blood moon.

Sebelumnya empat kali gerhana bulan dalam setahun juga terjadi pada 2003 dan 2004 lalu.

Mengenai fenomena bulan merah darah, sebagian orang menganggap ini merupakan hal baik, namun sebagian lagi menyebut bahwa itu pertanda buruk. Beberapa bahkan menyebut bahwa ini terjadi terkait dengan makin dekatnya kiamat.

Yang menyebut tentang masalah akhir jaman dan bulan merah misalnya adalah buku tulisan Jhon Hagee, berjudul “Four Blood Moons: Something Is About to Change” (Worthy Publishing, 2013).

Tentu saja pendapat buruk itu dibantah oleh para ilmuwan, dan menyebut bahwa peristiwa itu adalah murni gejala alam semata. Gerhana bulan terjadi karena bulan melewati bayangan Bumi, dan itu terjadi dalam waktu yang singkat saja, hanya beberapa jam.

Fenomena warna merah Blood moon terjadi karena bulan melewati lapisan tebal atmosfer pada musim gugur. Warnanya menjadi merah karena hamburan Rayleight (cahaya atau radiasi elektromagnetik) yang ada disebabkan oleh polusi, atau adanya partikel lain di udara.

Dilansir oleh Liputan6, gerhana bulan merah diterangkan sebagai bulan yang melewati bayangan Bumi, dengan umbra (bayangan inti) yang warnanya tidak hitam melainkan merah karena melintasi cincin atmosfer Bumi.

Karena itu, warna umbra dari gerhana bulan bisa berubah-ubah tergantung pada kondisi atmosfer Bumi yang dilewatinya.


Share
Komentar