Ini Dia Penampakan Pesawat Kepresidenan Indonesia Terbaru

Posted on Apr 10 2014 - 2:25pm by Udin
Ini Dia Penampakan Pesawat Kepresidenan Indonesia Terbaru
Ini Dia Penampakan Pesawat Kepresidenan Indonesia Terbaru
Advertisement

iBerita.com Pesawat Kepresidenan Indonesia akhirnya tiba juga di tanah air. Hari ini (10/4) pukul 10.00 WIB pesawat kepresidenan Indonesia tiba di Landasan Udara Halim Perdanakusuma. Kedatangan pesawat kepresidenan berjenis Boeing 737-800 BBJ-2 ini disambut langsung oleh Mensesneg Sudi Silalahi beserta sejumlah pejabat negara, termasuk TNI Angkatan Udara.

Pesawat kepresidenan Indonesia ini tampil segar dengan paduan warna biru dan putih dengan aksen merah sebagai garis pemisah kedua warna tersebut. Warna biru yang digunakan identik dengan warna seragam TNI Angkatan Udara. Menurut Sudi Silalahi, alasan pemilihan warna biru adalah karena warna biru dianggap menyerupai dengan warna langit sehingga dapat menambah tingkat keamanan.

Selain tampil segar dengan paduan warna biru putih, sebagai ciri khasnya di tubuh pesawat kepresidenan Indonesia ini terdapat tulisan “REPUBLIK INDONESIA” yang sejajar dengan gambar burung garuda. Selain itu di bagian ekor pesawat juga terdapat gambar bendera Indonesia.

Pesawat kepresidenan Indonesia ini memiliki kapasitas 67 penumpang. Di bagian dalam peswat terdapat ruang rapat, ruang pertemuan, dan ruang eksekutif. Kesemuanya ini dirancang untuk mempermudah Presiden RI dalam menunaikan tugasnya selama melakukan perjalanan dinas. Selain itu, pesawat ini turut dilengkapi dengan sejumlah perangkat keamanan.

Pesawat kepresidenan Indonesia ini telah mendapatkan tambahan kapasitas tanki bahan bakar sehingga dapat terbang sejauh 10 ribu km sekali jalan. Harapannyapeswat ini dapat menjangkau seluruh pelosok nusantara serta ke berbagai negara sahabat yang menjadi tujuan perjalanan.

Sebelum terbang ke Indonesia, pesawat kepresidenan seharga Rp 847 miliar ini terlebih dahulu singgah di beberapa tempat. Bermula dari Delaware kemudian menuju Wllington sebelum akhirnya singgah di Sacramento. Dari sacramento, pesawat kepresidenan ini mengambil rute Honolulu-Guam, sebelum akhirnya tiba di Lanud Halim Perdanakusuma. Selama penerbangan tersebut pesawat diterbangkan oleh TNI AU yang didampingi oleh perwakilan Boeing.

Share
Advertisement


Komentar