Unik Pemilu 2014 : Selfie Jentik Ungu dan Budaya Malu Golput

Posted on Apr 10 2014 - 8:09am by Ip_Tiwi
Unik Pemilu 2014 : Selfie Jentik Ungu dan Budaya Malu Golput
Unik Pemilu 2014 : Selfie Jentik Ungu dan Budaya Malu Golput
Advertisement

iBerita.com — Unik Pemilu 2014 : Selfie Jari Ungu dan Budaya Malu Golput. Pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia baru saja dilaksanakan pada Rabu (9-4) yang lalu. Selain diramaikan oleh hasil quick qount atau hitung cepat, ternyata dunia maya juga diramaikan oleh selfie jentik ungu. Jika pada pemilu-pemilu sebelumnya kebanyakan orang yang telah memberikan hak pilihnya akan langsung berusaha menghapus noda ungu dari tinda pemilu, berbeda dengan pemilu tahun ini. Segera setelah memberikan suara, sejumlah orang justru sibuk memamerkan jari ungunya lewat selfi dan mengunggahnya di media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan berbagai med-sos lain. Seperti apa mereka? yuk intip serunya selfie jentik ungu.

Tren selfie pada hari pemilu ternyata dimanfaatkan oleh sejumlah produk untuk mengadakan kontes. Contohnya Telkomsel, yang mengadakan lomba “Go Vote Selfie & Share” dengan iming-iming hadiah sebesar Rp 1 juta buat pemenangnya. Kemudian situs Indonesiana.tempo.co, forum dunia maya yang baru diluncurkan Tempo, juga mengadakan lomba #SelfiePemilu yang ditujukan buat para pengguna Twitter. Begitu juga dengan situs media hiburan Ghiboo.com yang menggelar kontes serupa dengan tagar #Ghibooselfote.

Meski begitu, Komisi Pemilihan Umum (KPU), selaku panitia pemilu, rupanya sudah mengantisipasi bahwa tren selfie di TPS akan ramai pada pemilu tahun ini. Kemarin, Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay bahkan berkomentar bahwa selfie di TPS dilarang. KPU beranggapan selfie di TPS, terutama di dalam bilik suara, bisa menjadi modus politik uang. Foto selfie ini bisa jadi bukti seseorang telah mencoblos calon atau partai tertentu dan dijadikan alat untuk meminta imbalan. Oleh karena itu, KPU melarang warga yang hendak mencoblos saat pemilu untuk membawa alat komunikasi ke dalam bilik pemungutan suara. Namun, di luar bilik, KPU membebaskan tren selfie ini. “Kalau mau selfie-selfie-an di TPS, monggo,” kata Hadar kemarin.

Di satu sisi, selfie di TPS ini juga ternyata membentuk sebuah budaya baru, budaya malu golput. Meski berdasarkan beberapa hasil survey atau quick count, angka golput masih relatif tinggi, tetapi budaya selfie dengan jentik ungu ini menunjukkan jika seseorang telah menggunakan hak pilihnya.

Jadi, masih malu dengan jentik ungu? Jangan dong, justru Anda haru bangga karena sudah menggunakan hak pilih dalam pemilu. Yuk share juga pengalaman jentik ungu Anda.


Share

Gambar untuk "Unik Pemilu 2014 : Selfie Jentik Ungu dan Budaya Malu Golput"

Komentar