Kronologi Kecelakaan Kereta Malabar Tasikmalaya, Ini Penyebab Anjlok nya

Posted on Apr 5 2014 - 9:06am by Ip_Tiwi
Kronologi Kecelakaan Kereta Malabar Tasikmalaya, Ini Penyebab Anjlok nya
Kronologi Kecelakaan Kereta Malabar Tasikmalaya, Ini Penyebab Anjlok nya
Advertisement

iBerita.com — Kronologi Kecelakaan Kereta Malabar Tasikmalaya, Ini Penyebab Anjlok nya. Musibah kecelakaan kereta kembali terjadi. Kali ini terjadi pada kereta jurusan Bandung-Malang, Malabar Ekspres. Kereta Malabar anjlok di KM 244, Kampung Terung RT 05 RW 09, Desa Mekarsari, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Jumat (4/4) sore sekitar pukul 18.30. Hujan deras yang terjadi di daerah tersebut sejak pukul 16.00 sore diduga memicu longsor yang kemudian menjadi penyebab kereta anjlog dan terguling. (baca juga : Kereta Malabar Anjlok, 3 Rangkaian Masuk Jurang)

“Tadi hujan deras dan curah hujan tinggi, sehingga mengakibatkan tanah ditempat tersebut longsor dan Malabar melintas, anjlog dan terguling,” ujar Kepala Humas PT KAI Daop Il Bandung Zunerfin pada Jumat (4/4/2014) malam.

Zunerfin kemudian mengungkapkan kronologis peristiwanya. Kereta Malabar berangkat dari Kota Bandung sekitar pukul 15.30 WIB menuju Kota Malang, Jawa Timur. Sekitar pukul 18.30 kereta tersebut melewati daerah Tasikmalaya. Akibat anjlog dan kemudian tergulung, dilaporkan 3 rangkaian gerbong masuk ke jurang. Kereta yang membawa ratusan penumpang itu menewaskan 4 penumpang di lokasi kejadian. “Membawa penumpang sekitar 360 orang,” ucapnya.

Sementara Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul menaskan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan evakuasi dengan mengirim 300 personel dari Satuan Brimob dan Direktorat Sabhara serta peralatan SAR. Evakuasi dilakukan terhadap para penumpang dan gerbong yang masuk ke jurang.

Sementara itu, Vice Presiden Public Relation PTKA Sugeng Priyono di Bandung mengungkapkan jika pihaknya masih terus mengupayakan normalisasi jalur rel KA selatan di Tasikmalaya pasca anjloknya kereta Malabar. Pihaknya masih akan mengevakuasi gerbong yang masuk ke jurang.

Sugeng juga mengungkapkan jika kecelakaan yang terjadi pada kereta Malabar ini akibat tanah penyangga rel longsor sepanjang 25 meter dan amblas sedalam 10 meter. “Malam ini tim satauan kerja sudah dikerahkan, setelah evakuasi penumpang lanjut evakuasi kereta yang anjlok,” kata Sugeng.

Selama pengerjaan perbaikan jalur tersebut, jadwal perjalanan KA yang melintas di jalur itu dialihkan menggunakan jalur utara melalui Cikampek – Cirebon – Purwokerto – Kroya – ke jalur timur. “Semua KA di jalur itu dialihkan sementara ke jalur utara, termasuk pada malam ini terjadi perubahan rute perjalanan KA,” katanya.


Share
Komentar