SNMPTN 2014 : Pendaftar SNMPTN di Unsyiah Sudah 12.347 Orang

Posted on Mar 19 2014 - 8:55am by Ip_Tiwi
SNMPTN 2014 : Pendaftar SNMPTN di Unsyiah Sudah 12.347 Orang
SNMPTN 2014 : Pendaftar SNMPTN di Unsyiah Sudah 12.347 Orang
Advertisement

iBerita.com SNMPTN 2014 : Pendaftar SNMPTN di Unsyiah Sudah 12.347 Orang. Proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Neger (SNMPTN) 2014 masih terus berlangsung, meski pengisian Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS) sudah ditutup pada 6 Maret yang lalu.

Salah satunya yang terjadi di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Pendaftar SNMPTN 2014 yang terdata di panitia lokal Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sampai 17 Maret 2014 sudah mencapai 12.347 orang. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Humas Unsyiah, Ilham Maulana, melalui siaran persnya, Selasa 18 Maret 2014.

“Jumlah ini merupakan akumulasi dari 8.559 orang dari SMA/MA jurusan IPA, dan 2.367 orang SMA/MA jurusan IPS, sementara sisanya berasal dari SMK dan jurusan lainnya. Unsyiah telah menyediakan 2.200 bangku (50 persen dari total seluruh penerimaan) untuk jalur SNMPTN 2014, atau sering disebut jalur undangan ini,” kata dia.

Dari daftar yang telah masuk, tercatat lima program studi dengan pendaftar terbesar, yakni Pendidikan Dokter, Informatika, Farmasi, Manajemen, dan Ilmu Keperawatan. Meskipun seharusnya siswa memilih program studi sesuai jurusan di SMA, tetapi beberapa program studi tetap menerima calon mahasiswa lintar jurusan. Di Unsyiah, beberapa program studi yang mengakomodir lintas jurusan ini adalah program studi  Psikologi yang dapat dipilih oleh siswa IPA dan IPS, PS PGSD dan program studi PAUD dapat dipilih oleh siswa IPA, IPS, dan Bahasa. Sementara program studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, serta program studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan boleh dipilih oleh siswa IPA, IPS, Bahasa, dan Jurusan-jurusan SMK yang relevan.

“Seleksi SNMPTN murni berdasarkan nilai rapor, oleh karena itu nilai passing grade yang diperoleh dari SBMPTN tahun lalu tidak terlalu berpengaruh,” ujar dia.

Unsyiah juga melaporkan pelamar beasiswa Bidik Misi yang mendaftar SNMPTN 2014 sebanyak 1.931 orang. Tahun ini, Unsyiah telah mengusulkan ke pusat, agar kuota Unsyiah menjadi 1.500 orang. Kuota ini lebih banyak dibanding tahun lalu, yang hanya 1.010 orang. Selain beasiswa Bidik Misi, beberapa daerah tertentu di Aceh yang tergolong 3T, yaitu daerah terluar, terdepan, dan tertinggal juga dapat memperoleh beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik). Beasiswa ini dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi berdasarkan data usulan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Unsyiah ikut terlibat sebagai tim verifikasi data serta ujian tulis untuk penyaringan penerima beasiswa ini.

Share
Advertisement