Harga dan Spesifikasi Asus FonePad, Tablet Murah Terbaru

Posted on Mar 4 2013 - 10:22pm by Ary
Harga dan Spesifikasi Asus FonePad, Tablet Murah Terbaru
Harga dan Spesifikasi Asus FonePad, Tablet Murah Terbaru
Advertisement

iBerita.com – Setelah kolaborasi Asus dan Google menghasilkan Tablet Nexus 7, kali ini Asus memperkenalkan produknya sendiri. Ajang tahunan Mobile World Congress (MWC) di Barcelona merupakan waktu pertama kali dikenalkannya Asus Fonepad ke khalayak. Asus sebetulnya bukan terhitung sebagai pemain baru dalam dunia tablet, karene awal kehebohan dan kepopuleran tablet, Asus juga mengeluarkan produk unggulan yang sempat menjadi top 10 untuk kategori tablet di Amazon US.

Spesifikasi Asus FonePad

Satu spesifikasi Asus FonePad yang menjadi keunggulan adalah koneksi 3G, dan bisa melakukan panggilan atau telepon. Sedangkan Nexus 7 hasil kerjasama dengan Google untuk versi 3G, harga Asus FonePad ini terpaut cukup jauh.

Fonepad ini memiliki layar sebesar 7 inchi dengan resolusi maksimal 1.280 x 800 pixels, sama seperti yang digunakan pada Nexus 7. Kemampuan kamera untuk kebutuhan video calling 1.2 MP, dan menurut foto yang diunggah TheVerge, Asus FonePad yang baru diperkenalkan tidak memiliki kamera belakang.

Mirip seperti Nexus 7, meskipun FonePad ini terbuat dari bahan “metal”, namun bobotnya tidak terlalu berat, yaitu sekitar 340 gram. Sedangkan tebalnya sekitar 10.4 mm. Kenyamanan yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan Nexus 7 yang cukup nyaman menggenggamnya dengan satu tangan saja.

Bahan “metal” tersebut juga tidak menjadikan Asus FonePad terbaru ini terlihat seperti tablet murahan. Desain nya tetap elegan dan menarik.

Menilik segi dapur pacu, Asus mempercayakan kepada prosesor Intel Atom Z2420 1.2 GHz dan dukungan 1GB RAM. Ini yang bakal menjadi perbedaan mendasar lainnya, karena Nexus 7 sudah menggunakan prosesor quad core tegra 3. Untuk mendukung grafis, Asus mempunyai PowerVR GX540 GPU. Kebutuhan media penyimpanan juga menjadi perhatian. Kali ini Asus memberikan space sebesar 16GB, namun bisa di upgrade dengan memory external 32 GB.  Untuk ketahanan hidup, Asus mengatakan tablet ini mampu bertahan 9 jam.

Asus sudah berjalan pada Android 4.1 Jelly Bean, seperti kebanyakan tablet dan smartphone terbaru sekarang ini. Meskipun upgradable, kemungkinan akan memakan waktu lebih lama dibanding Nexus 7. Karena selain Google, biasanya para vendor akan melakukan testing apakah sistem operasi terbaru besutan Google itu bisa berjalan dengan baik pada produknya.

Asus menambahkan beberapa fasilitas khusus untuk FonePad, seperti Floating App, Supernote, Doodling, dan Asus WebStorage yang menyediakan cloud storage gratis sebesar 5GB.

Tanggal Rilis Harga Asus FonePad

Dari kabar yang berhembus, Asus akan merapat ke tanah Inggris pada bulan April sampai Juni. Perkiraan harga di Inggris adalah 179 Poundsterling, di Eropa secara umum akan dibanderol 219 Euro, dan Asia-Pasifik akan mendapat banderol harga Asus Fonpad sebesar $249 (sekitar 2,4 juta rupiah). Belum ada kabar terbaru mengenai rilis Asus FonPad di US.


Share
Komentar