Pengumuman CPNS K2 Bertahap, situs www.menpan.go.id Menambahkan Jawa Tengah Dan DIY

Posted on Feb 11 2014 - 7:44am by Ip_Tiwi
Pengumuman CPNS K2 Bertahap, situs www.menpan.go.id Menambahkan Jawa Tengah Dan DIY
Pengumuman CPNS K2 Bertahap, situs www.menpan.go.id Menambahkan Jawa Tengah Dan DIY
Advertisement

iBerita.com – Seperti sudah pernah diungkapkan sebelumnya, pemerintah menjanjikan jika pengumuman CPNS honorer kategori 2 (K2) akan dilakukan secara bertahap. Para hari pertama pengumuman, Senin 10 Februari tercatat sudah dapat diakses 16 kementrian / lembaga pusat. Sedang untuk instansi daerah baru dua daerah, yakni Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jumlah ini masih jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah instansi yang mengikuti tes, yaitu 547 instansi yang terdiri dari 37 instansi pusat dan 510 instansi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota. Tes CPNS Honorer K2 pada tahun lalu diikuti 605 ribu peserta.

Terkait nasib honorer yang masih menunggu pengumuman, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik KemenPAN-RB, Herman Suryatman menyebutkan, “Pengumuman CPNS 2013 dari honorer K2 dilakukan bertahap 16 Kementerian/Lembaga ditambah dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Yogyakarta. Lainnya akan diumumkan bertahap. Setiap saat akan di-update,” katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta.

Herman menyebutkan jika pengumuman hasil seleksi CPNS K2 ini mengalami kemunduran karena alasan teknis. Selain itu ada alasan lain yang, menurutnya, bersifat penting, yaitu hasil tes CPNS honorer menggunakan metode passing grade dan afirmatif.

“Untuk passing grade itu tidak masalah. Yang afirmatif ini meliputi usia, masa kerja, jenis pekerjaan dan kewilayahan. Itu harus dicek ulang. Untuk masalah penunjang, kami harus mengkonversi data manual ke digital,” papar dia.

Hal yang sama pernah diungkapkan juga oleh Menteri PAN-RB Azwar Abubakar yang menyebutkan, terdapat sejumlah kendala teknis dalam mempersiapkan perekrutan CPNS honorer K2. Pasalnya, banyak guru di daerah perbatasan dan daerah terpencil yang tidak sesuai kriteria yang ditetapkan pemerintah.

“Ada suatu daerah, yang tidak dapat sebutkan namanya, pelajar SMA menjalankan fungsi sebagai pengajar. Itu kan tidak sesuai kriteria. Jadi kita harus atur agar jangan ada masalah,” ungkap Azwar.

Menurut dia, pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS sangat diprioritaskan untuk tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh, serta tenaga teknis/administrasi tertentu. Selain itu, pengangkatan ini disesuaikan dengan kebutuhan instansi dan kemampuan keuangan negara sampai dengan tahun anggaran 2014.

Share
Advertisement