CPNS K2 : Gagal CPNS, K2 Diprioritaskan Jadi PPPK

Posted on Feb 4 2014 - 7:32am by Ip_Tiwi
CPNS K2 : Gagal CPNS, K2 Diprioritaskan Jadi PPPK
CPNS K2 : Gagal CPNS, K2 Diprioritaskan Jadi PPPK
Advertisement

iBerita.com – Pengumuman CPNS honorer kategori 2 (K2) baru akan dilaksanakan pada Rabu, 5 Februari esok. Tapi masalah mengenai 70 persen honorer K2 yang dipastikan tidak lolos sudah harus dipikirkan solusinya. Komisi II DPR RI meminta kepada pemerintah untuk memprioritaskan honorer K2 yang gagal jadi CPNS, dalam rekruitmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) nantinya.

Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunanjar dalam raker dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta mengungkapkan, “Kalau pemerintah telah menutup penerimaan CPNS dari honorer tertinggal, kami bisa maklumi. Namun, kami meminta pemerintah untuk memberikan prioritas utama bagi honorer yang gagal CPNS masuk dalam penerimaan PPPK,” ujarnya Senin (3/2).

Agun menambahkan, di dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN), memang disebutkan untuk PPPK harus orang yang berkompetensi dan rekruitmen harus lewat tes. Namun, kata Agun, alangkah bijaknya bila honorer K2 yang gagal mendapat prioritas lebih dahulu untuk ikut tes seleksi PPPK.

“Jangan dulu dibuka untuk lain, berikan kesempatan pertama dulu untuk honorer ikut tes. Saya yakin, di antara mereka tidak sedikit yang punya kompetensi,” ujarnya.

Rekomendasi Komisi II ini, lanjut Agun, akan dimasukkan dalam kesimpulan rapat agar bisa ditindaklanjuti pemerintah.

Usulan ini rupanya juga mendapat tanggapan baik dari pemerintah, terutama Menpan yang langsung menyetui usulan tersebut.  Pihak pemerintah menyetujui usulan Komisi II DPR RI agar honorer K2 yang gagal CPNS diprioritaskan dalam rekruitmen PPPK nantinya. Tetapi, menpan tetap meminta honorer K2 yang gagal itu tetap harus melalui proses tes untuk menjadi PPPK.

“Kami setuju-setuju saja kalau honorer K2 yang gagal CPNS ikut seleksi PPPK. Tapi bukan berarti harus masuk ya, karena semua harus dites,” tegas Azwar di ruang rapat Komisi II DPR, Senayan, Senin (3/2).

Sekitar 605 ribu honorer K2 yang ikut dalam tes CPNS pada 3 November 2013.  Kuota yang lulus sekitar 30 persen atau sekitar 200 ribu. Sementara, sisanya sekitar 400 ribu honorer K2 dipastikan bakal gigit jari.


Share
Komentar