Final Piala AFF U-19: Usai Adu Penalti, Indonesia Keluar Sebagai Juara

Posted on Sep 22 2013 - 11:37pm by cakdie
Final Piala AFF U-19: Usai Adu Penalti, Indonesia Keluar Sebagai Juara
Final Piala AFF U-19: Usai Adu Penalti, Indonesia Keluar Sebagai Juara
Advertisement

iBerita.com – Setelah mengalami kekalahan atas Vietnam pada babak penyisihan group B beberapa waktu lalu, tim tuan rumah Indonesia tidak ingin mengalami untuk kedua kalinya. Kedua tim tersebut akhirnya berjumpa kembali di babak final Piala AFF U-19 yang digelar pada Minggu (22/9/2013) malam di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Setelah melalui pertandingan yang keras dan waktu yang panjang, karena harus mengalami perpanjangan waktu dilanjutkan dengan adu penalti akhirnya Indonesia berhasil keluar sebagai juara tahun ini.

Pertandingan berjalan sangat alot karena kedua kubu tampil agresif sekaligus sangat kuat dalam bertahan. Aksi saling balas serangan menjadi hal yang sangat fantastis malam ini meskipun sekuad Garuda dalam hal ini masih kalah dominasi dibandingkan Vietnam. Meskipun keduanya sangat gencar menyerang, baik Indonesia maupun Vietnam sangat sulit menciptakan peluang bagus untuk membuahkan gol.

Babak pertama pun berakhir seri, begitu pula di babak kedua. Meskipun kedua penyerang beberapa kali melancarkan tembakan ke arah gawang, rupanya masing-masing penjaga gawang sangat sigap untuk menghalau, terutama penjaga gawang Indonesia, Ravi Murdiyanto yang beberapa kali berhasil menepis tembakan para penyerang Vietnam yang sangat berbahaya.

Setelah babak kedua berakhir dengan hasil yang masih imbang 0-0, akhirnya babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit pun dilakukan. Beberapa kali peluang tercipta baik Indonesia maupun Vietnam masing-masing memiliki peluang untuk menjebol gawang, namun ternyata masih tak membuahkan gol sampai babak kedua berakhir.

Akhirnya harus dilakukan adu penalti untuk memastikan sang juara pada laga final Piala AFF U-19 tahun ini. Dari 9 kali tembakan penalti dilakukan oleh masing-masing tim, akhirnya Indonesia unggul satu poin dari Vietnam setelah mereka hanya mengalami gagal 2 kali saat eksekusi tendangan penalti yang dilakukan oleh Evan Dimas dan Zulfiandi, sedangkan Vietnam mengalami 3 kali kegagalan eksekusi oleh Tran Huu Dong Trieu, Nguyen Tuan Anh, dan Pham Duc Huy. Dengan demikian, maka Indonesia berhak mendapatkan piala tersebut. Selamat untuk tim garuda muda Indonesia.

Share
Advertisement


Komentar