Wajah Baru Google Maps dan Google Earth Tanpa Awan

Posted on Jun 28 2013 - 10:07pm by cakdie
Wajah Baru Google Maps dan Google Earth Tanpa Awan
Wajah Baru Google Maps dan Google Earth Tanpa Awan
Advertisement

iBerita.com – Salah satu fitur yang ditawarkan oleh perusahaan internet raksasa di dunia, Google adalah foto satelit yang menunjukkan kenampakan bumi dari satelit. Fitur yang dikenal Google Maps dan Google Earth saat ini mengalami perubahan dan tampil lebih baik dari sebelumnya. Apa geranngan perubahannya?

Sebelum ada pembaruan seperti yang terbaru ini, foto-foto satelit yang terlihat seringkali terhalang oleh awan sehingga dalam skala yang besar, sebuah wilayah di permukaan bumi yang terlihat dari satelit akan cenderung tertutupi oleh garis-garis yang berwarna putih. Garis-garis atau kabut putih itu adalah awan yang menyelimuti permukaan bumi.

Terhitung sejak hari Rabu (26/6/2013), pihak Google telah merilis berita bahwa mereka telah memperbarui foto-foto satelit yang mereka tampilkan di Google Maps dan Google Earth. Gambar yang mereka tampilkan tampak lebih baru dengan tidak ada lagi awan yang menghalangi pemandangan dari satelit ke bumi. Daerah-daerah tropis yang biasanya banyak sekali awannya kini terlihat bersih dan bebas dari kabut putih itu.

Bagi yang menyukai browsing peta dan kenampakan bumi kini sudah tidak lagi kecewa dengan daerah-daerah yang sebelumnya kabur karena terhalang oleh awan. Kontur daerah perkotaan, pegunungan, dan lautan yang berkedalaman berbeda pun kini semakin mudah teramati dari tampilan foto-foto satelit yang ditampilkan di Google Maps dan Google Earth.

Google Maps dan Google Earth adalah proyek Google Search Enginee yang bekerja sama dengan United States Geological Survey dan satelit Landsat 7 Nasa Amerika Serikat. Data-data tersebut kapasitasnya telah mencapai ratusan terabyte. Dengan tampilan yang baru, tampilan menjadi lebih konsisten karena resolusinya mencapai 15 meter per pixel. Tentu saja hal ini menjadikan gambarnya tampak lebih bagus dan mendetail dari pada tampilan sebelumnya yang hanya beresolulis 1 km per pixel.

Penasaran, silahkan buka sendiri!

Share
Advertisement